Asal mula bumi, bulan, air, oksigen dan batu karang terbentuk.

Saya mencoba share tentang apa yang semalam saya tonton di salah satu chanel TV luar, sebut saja National geographic Channel, yang membahas asal mula planet kita bumi ini terbentuk.

Asal Mula Planet Bumi

National geographic Channel menyebutkan bumi kita berasal dari planet biasa yang saling bertabrakan, planet tersebut akhirnya hancur berkeping-keping menjadi gas, awan dan debu. Gas, awan dan debu tersebut akhirnya menyatu dan menjadi sebuah planet kecil. Planet tersebut berupa daratan cair yang berisikan gas karbondioksida, nitrogen dan metana, yang akhirnya menjadi padat dalam jangka waktu 4,5 milyar tahun.

Asal Mula Bulan

Dari hasil tabrakan planet tadi tidak seluruhnya bersatu menjadi planet bumi, ada juga yang berserakan di antariksa dan menjadi orbit planet yang sekarang kita pijak. Serpihah-serpihan tersebut mengelilingi planet yang sekarang kita sebut planet bumi dan menggumpal menjadi satu yang sekarang lebih kita kenal adalah bulan. Pada masa itu bulan lebih dekat dari pada sekarang, bulan bisa terlihat 15 kali lebih besar dari sekarang. Subhanalah kalo bulan yang kita kenal sekarang lebih dekat dan terlihat 15 kali lebih besar bagaimana jadinya ya?mungkin lebih jelas, tetapi bagai mana nasib daratan yang pastinya akan tertutup air laut (pasang air laut)

Asal mula Air di Planet bumi

Para peneliti NASA baru menemukan asal mula air di planet bumi ini sekitar abad 21 yaitu bulan januari tahun 2000 (masa sih, tp itu yang saya liat dan dengar kemarin di National geographic Channel). Singkatnya asal mula air itu dari komet-komet yang menghujani dan menabrak bumi. Ko bisa komet menabrak bumi dan akhirnya menjadi air, itu yang jadi pertanyaan saya ketika belum ada penjelasan dari National geographic Channel, jawabannya adalah : pada saat itu Jupiter yang kita kenal sekarang adalah planet terbesar di barisan tata surya kita dan gaya gravitasi yang besar juga tentunya, dan secara kebetulan planet kita ini terletak di garis lalu lintas planet Jupiter tersebut, sehingga banyak komet yang menghujani dan menabrak bumi.

Tetapi karena komet tersebut telah berusia jutaan tahun bahkan mungkin puluhan atau ratusan juta tahun sebelum planet bumi terbentuk, sehingga suhu komet tersebut menjadi dingin, komet tersebut bersuhu sangat panas ketika mereka bertabrakan dengan atmospir bumi dengan kecepatan (kalo ga salah) 367 juta mil/jam (cepet amat ya?), tapi tidak setelah beberapa detik menabrak permukaan bumi, komet tersebut langsung menjadi dingin, ternyata eh ternyata setelah diselidiki komet tersebut mempunyai unsure atau molekul yang sama dengan pembentuk air. Dengan banyaknya komet yang menabrak bumi dan menghasilkan air maka terbentuklah samudera yang kita kenal sekarang.

Asal mula Oksigen di planet Bumi

Bumi terbentuk dari gas, awan dan debu, gas yang terkandungpun lebih banyak karbondioksida, nitrogen dan metana, lalu bagaimana oksigen terbentuk, begini ceritanya (kata National geographic Channel)

Di daratan Australia yang dirahasiahkan tempatnya sampai saat ini agar tetap terjaga keasliannya, ada nenek moyang dari makhuk hidup (kalo ga salah namanya stromat atau apa gitu…) stromat berbentuk seperti batu karang yang didalamya terdapat bakteri yang dapat merubah karbondioksida menjadi oksigen (subhanalah gimana kalo gada makhuk yang bernama stromat tadi, mungkin tidak akan ada kehidupan di planet bumi ini). Mereka secara terus menerus merubah karbondioksida tersebut menjadi oksigen sehingga perbandingan antara karbon dan oksigen relative jauh.

Asal mula batu karang di laut

Setelah oksigen terbentuk banyak kejadin berantai lainnya yang terjadi, salah satunya terbentuknya batu karang. Batu karang adalah bebatuan di dasar laut yang dihasilkan dari pengerakan air laut oleh oksigen.

Kita ulas lagi dari kandungan komet yang jatuh ke bumi. Selain molekul pembentuk air, ternyata komet pun memiliki unsur besi yang sangat besar, unsur besi tersebut bersatu didalam air yang kemudian teroksidasi sehingga menjadi karat, karat tersebut yang kita kenal sekarang dengan nama BATU KARANG.

Baik, itulah kesimpulan saya setelah saya melihat dan mendengar salah satu acara di National geographic Channel. Maf jika terjadi kesalahan dari penulisan artikel ini, Kebenaran hanya dimiliki oleh Allah SWT. Terima kasih…..

~ oleh topandeep pada 31 Desember 2010.

4 Tanggapan to “Asal mula bumi, bulan, air, oksigen dan batu karang terbentuk.”

  1. Gas, awan dan debu tersebut akhirnya menyatu dan menjadi sebuah planet kecil. Planet tersebut berupa daratan cair yang berisikan gas karbondioksida, nitrogen dan metana, yang akhirnya menjadi padat dalam jangka waktu 4,5 milyar tahun.

    ini dari saya SD sampai saya kuliah sekarang ini.. kok watunya masih segitu-segitu aja… tetap weh 4,5 miliar tahun,, kaga nambah apa ye?? hahah… *orang prustasi.. hiihi

  2. pasti Agan orang yang rajin karena aGAn nulis sebanyak ini kq gx cpk sya ajj klo nulis kya gni dagh cpk
    terima kasih buat Agan yang nulis ini by muhamad haikal rafli

  3. kl air berasal dr komet berarti planet jupiter banyak air nya dong kan dia sering bertabrakan dengan komet. padahal dalam pelajaran kimia air terbentuk dari hydrogen dan oksigen . 1 gram hydrogen di campur 8 gram oksigen sama dengan 9 gram air.

  4. Masih ada lagi gan teori pembentukan air di bumi yang dijelasin ngc, bukan cuma komet aja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: