Biodisel Rumput Laut Lebih Kompetitif

JAKARTA, (PRLM).- Rumput laut atau mikro alga sebagai penghasil energi alternatif (biodisel) dinilai lebih kompetitif dibandingkan komoditas lainnya. Berdasarkan penelitian, biodisel dari rumput laut bisa menghilangkan gas karbon dan tidak akan mengganggu pemanfaatan lahan daratan.

“Pengembangan energi alternatif termasuk dari rumput raut semakin hari semakin mendesak. Indonesia sebagai negara kepulauan, punya potensi besar dalam hal ini,” kata Kepala Pusat Data, Statistik dan Informasi Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP), Dr. Soen`an H. Poernomo, M.Ed., di Jakarta, Senin (3/11).

Pengembangan tersebut akan dilakukan DKP bekerja sama dengan Korea Institue of Industrial Technology (Kitech). Dijadwalkan, hal itu akan menjadi salah satu pokok bahasan dalam kunjungan Presiden Korea Selatan ke Indonesia Desember mendatang.

Menurut dia, sejauh ini Korea sudah mempunyai teknologi untuk memanfaatkan rumput laut sebagai sumber energi, lengkap dengan grand strategy, road map, model, dan kegiatannya. Tetapi tidak didukung ketersediaan sumber daya alam.

Sementara, Indonesia dengan garis pantai yang begitu panjang serta iklim yang hangat, memiliki rumput laut melimpah. “Hanya belum punyak teknologi untuk memproses menjadi energi alternatif,” kata Soen`an.

Tidak heran, jika rumput laut menjadi komoditas ekspor. Pada 2006, jumlah ekspor komoditas tersebut mencapai 95.588 ton senilai 49,58 juta dolar AS. Korea menempati urutan keenam sebagai pengimpor terbesar rumput laut Indonesia, di bawah Cina, Filipina, Spanyol, Hong Kong, dan Vietnam.

Saat ini sumber energi dunia masih didominasi sumber yang tidak terbarukan seperti minyak, batubara, gas sebesar 80,1%. Sedangkan sumber energi terbarukan tapi mengandung risiko seperti nuklir sebanyak 6,3%, dan sumber energi terbarukan terutama biomassa tradisional baru sebesar 13,6%.

~ oleh topandeep pada 4 Desember 2008.

Satu Tanggapan to “Biodisel Rumput Laut Lebih Kompetitif”

  1. bagus ya???ada yang laen gak.kak kunjungi BLOG sy thunnus918.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: